Kamis, 08 Januari 2009

Berat Beban Kenaikan Pipa PDAM Kab Malang Per Januari 2009 Terpaksa Naikan Tarip





Keterangan Foto : Dalam salah satu kegiatan di PDAM Kab Malang, tampak direktur Utama PDAM Kab Malang Drs. H.Moch Hasan MM dan Direktur Umum Drs. H. Sriaji Soebowo MM telah melakukan penandatanganan, bawah karyawan PDAM saat menerima pengarahan. (eas)

KRC, Malang
Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Malang terpaksa harus menaikan tarip, karena sejak tahun 2002 PDAM Kab berusaha menaikan tarip namun gagal terus. “ Kami sudah hampir enam tahun ingin menaikan tarip, namun tidak pernah bisa,” tandas Drs. H. Sriaji Soebowo, MM Direktur umum PDAM Kab Malang pada Koran Rakyat Cybermedia (8/1) kemarin.
Oleh, karenanya sejaki 1 April 2009 PDAM Kab Malang secara resmi menaikan tarip sekitar 15% dari harga Rp. 880/M3 menjadi Rp. 1000/m3, persoalan yang paling mendasar kenaikan PDAM Kab, banyaknya pipa PDAM yang rusak yang perlu dilakukan perbaikan , sedangkan harga pipa tahun 2002 kalau disbanding m saat ini sudah cukup jauh berbeda, harga sudah naik dan sementara pemasukan PDAM Kab tetap.
Hal senada juga disampaikan Syamsul Hadi Ssos, MM Kabag Umum & Humas PDAM Kab Malang, bahwa harga pipa saat in bukannya naik tapi sudah berubah, sehingga harus dilakukan kenaikan dengan harapan bisa memperbaiki pelayanan. Saat ini PDAM Kab Malang perbulan ditarget untuk mendapatkan Rp. 2 Milliar, tentunya untuk bisa mencapainya harus juga meningkatkan pelayanan dan memper kecil daftar tunggu yang saat ini sekitar 1000 hingga 2000 pelanggan PDAM yang nunggu ingin dipasang. Tentunya dengan adanya kenaikan akan bisa digunakan dananya untuk biaya perbaikan. Sedangkan tingkat kebocoran air di PDAM Kab saat ini baru mencapai 36% dari tahun 2002 sekitar 55% memang idialnya 15% sampai 25%, tapi darui kurun waktu 6 tahun sudah cukup banyak penurunan.(eas)

Tidak ada komentar: