Minggu, 21 Juni 2009

Masyarakat Malang Terancam Tak Menikmati Siaran TV


Krc,Malang-
-Masyarakat Malang Raya terancam bakal tidak dapat lagi menikmati tayangan enam stasiun televisi nasional. Pemerintah tak akan memperpanjang lagi izin siaran enam TV itu di Malang Raya.
”Kalau sudah habis, ya sudah. Ibaratnya, tanah 1 meter x 1 meter sudah habis, terus mereka pakai milik siapa,” kata M Nuh, Menkoinfo ketika dikonfirmasi wartawan terkait masalah siaran enam TV nasional di Malang Raya, Minggu, (21/6).

M Nuh memang tak menyampaikan secara detail bahwa izin enam TV itu tidak akan diperpanjang. Namun, dari pernyataannya, tersirat pemerintah tidak akan memperpanjang izin siaran keenam TV itu di Malang Raya. ”Solusinya, ya, tunggu digital,” tegas M Nuh.

Seperti diketahui, mulai awal 2008 hingga April 2009, masyarakat Kota Malang tidak dapat menikmati siaran sejumlah stasiun TV nasional maupun lokal. Stasiun-stasiun TV itu belum mengantongi izin siaran radio (ISR), atau prasyarat rekomendasi kelayakan.

Waktu itu, TV Nasional yang belum mengantongi RK dan tak boleh siaran di Malang Raya adalah Metro TV, TV One, Trans TV, Tran7, ANTV, dan Global TV. Sedangkan, TV lokal antara lain Malang TV, Batu TV dan Agropolitan TV.

Namun, awal 2009 sejumlah TV lokal yaitu Batu TV, Malang TV, dan Agropolitan TV kembali siaran setelah masing-masing mengantongi RK dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).
Menjelang Pemilu Legislatif , April 2009, enam TV nasional yang semula tidak dapat tayang di Malang akhirnya siaran kembali. Informasi yang berkembang, TV-TV itu dapat siaran kembali karena mendapat izin selama dua bulan.

M Nuh ketika konferensi pers juga mengungkapkan, saat ini Depkoinfo telah memblokir sekitar dua juta situs porno di internet. Namun ia tak mengetahui apakah pemblokiran itu tergolong berhasil atau belum.
Alasan M Nuh, situs-situs seperti itu di dunia maya sering berpindah-pindah dengan membuat alamat baru. Untuk mengatasinya, ke depan dia telah menyiapkan program bahwa jaringan-jaringan internasional harus masuk dulu ke national gate way.(DD)

Tidak ada komentar: